Pengaturan Dasar Keamanan WordPress

1.  Aktifkan Plugin Anti Spam.

Banyak plugin anti spam yang ditawarkan untuk wordpress. Salah satu plugin anti spam yang terkenal dan banyak digunakan adalah akismet. Plugin ini dikembangan oleh Tim WordPress. Plugin ini banyak digunakan karena ketika menginstall wordpress , akismet sudah masuk dalam plugin default, kemudian kita butuh untuk menyettingnya. Cara penyettingan akismet cukup mudah, kita hanya perlu daftar dan mendapatkan API Key. Cara penyettingan dapat dilihat pada link ini.

Jika benar-benar tidak ingin menerima komentar silahkan non aktifkan komentar

2.  Menonaktifkan pendaftaran user otomatis.

Cara menonaktifkan :

  1. Login ke website
  2. Masuk ke dashboard, setting, general kemudian kosongi pada bagian “anyone can register”

register

Sebaiknya user didaftarkan oleh administrator website, sehingga mengetahui bahwa user tersebut benar-benar valid dan bukan spam.

3.  Mengganti akun admin.

Semua akun dengan username admin harus diubah. Perubahan bisa pada dashboard kemudian klik menu User, Add New. Setelah mempunyai user baru silahkan user admin dihapus dan yang paling paling penting alihkan konten website ke user yang baru.

4.  Menggunakan password kombinasi

Password merupakan kunci keamanan website. Pembuatan password sebaiknya kombinasi dari huruf, angka, tanda baca, dan huruf besar atau kecil. Pada pembuatan password di wordpress aka nada indikator password yang dibuat kuat atau lemah. Sebaiknya pembuatan password dilakukan sampai indikator menunjukkan bahwa password kita kuat.

5.  Melakukan update wordpress dan plugin

Kita tahu bahwa wordpress adalah salah satu CMS yang terkenal dan banyak dikembangkan oleh berbagai komunitas maupun perorangan. Sehingga bila diketahui ada bug pada wordpress maka para pengembang akan segera melakukan update. Karena itulah sebaiknya update wordpress dilakukan secara rutin saat versi terbaru keluar. Update juga perlu dilakukan pada plugin. Namun hal yang perlu diperhatikan saat update wordpress maupun plugin adalah dari sisi kompatibilitas.

Pilihlah plugin yang sudah banyak digunakan dan rajin diupdate oleh pengembangnya.



Lorem Ipsum


Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever sin ce the 1500s, when an make a type but also the Selanjutnya.


Pages
Kategori

Lorem Ipsum