Mengatasi Malware Pada WordPress

notif-malware

Ketika tiba-tiba website anda tidak dapat diakses dengan normal dan mendapatkan pemberitahuan seperti gambar diatas kemungkinan website anda terserang malware, mengandung konten porno, atau konten-konten lain yang tidak diijinkan google, segera lakukan pengecekan dan perbaikan dengan cara :

1. Pada website yang terserang malware, google akan memberikan detail pemberitahuan melalui google webmaster tools (disinilah salah satu alasan pentingnya mendaftarkan website anda di google webmaster tools). Detail konten yang terserang malware akan ditampilkan.

security-issues-jpg
Selain dari webmaster tools kita juga bisa cek dari google safe browsing.

safebrowsing

Pada google safe browsing akan diketahui bahwa website tersebut aman atau tidak untuk dikunjungi dan jika website tidak aman maka akan ada keterangan “dangerous”, “maybe dangerous”, “partially dangerous” atau “not dangerous” jika website tersebut aman.

Jika status website kita tidak aman maka pada bagian site safety details muncul keterangan bahwa ketika pengguna mengakses halaman website tersebut maka akan diarahkan ke website yang berbahaya.

Ada beberapa website yang dapat membantu kita mengecek keamanan website kita antara lain sucuri, virus total, urlvoid, dan lain-lain.

2. Untuk membersihkan, cek pada file header.php, footer.php tema yang aktif digunakan dan cek pada file /wp-includes/nav-menu.php. Script malware pada header.php biasanya akan nampak seperti ini :

malware-header

malware-header-2

Script malware pada nav-menu.php dapat ditemukan dengan mencari nama fungsi yang tidak wajar seperti my_time, my_correct, add_2footer, dan lain-lain, normalnya nama fungsi pada nav-menu.php mengandung kata wp, nav, atau menu. Gambar berikut adalah contoh salah satu function dari malware :

function-2

function-3

3.    Bersihkan semua script-script yang mengandung malware tersebut dan jika sudah bersih silahkan request ke google untuk di review dengan cara :
a.    Login ke google webmaster tools
b.    Pilih menu security issues
c.    Centang pada “I have fixed these issues
d.    Klik request a review

4.    Tunggu hasil review dari google, jika hasil review google adalah website anda sudah bersih maka website anda dapat diakses dengan normal kembali.



Lorem Ipsum


Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever sin ce the 1500s, when an make a type but also the Selanjutnya.


Pages
Kategori

Lorem Ipsum