Memodifikasi WordPress Agar Menarik

A. MENGGANTI TEMA

Tema merupakan salah unsur penting dalam membuat website dengan wordpress. Dengan tema yang menarik dan dapat memuat keseluruhan infromasi website dapat menarik minat user untuk mengunjungi website.

Memilih tema yang baik yaitu :

  • Sesuai dengan konsep website. Misalnya konsep blog/website seorang fotografer berbeda dengan  konsep blog/website berita. Blog/website seorang photografer tentunya dengan tema yang mendukung postingan gambar-gambar dengan resolusi tinggi dan tema yang dipilih dengan website berita adalah tema yang mendukung untuk memuat banyak informasi dalam bentuk teks.
  • Segi keamanan tema. Banyak developer tema wordpress yang menawarkan tema yang mereka buat secara gratis. Namun banyak diantara mereka menanamkan script-script tertentu yang bertujuan tidak baik. Untuk memilih tema wordpress gratis maupun berbayar sebaiknya diteliti terlebih dahulu bisa dengan melihat review dan komentar dari user yang sudah menggunakan. Tema yang tidak diupdate selama lebih dari 3 tahun oleh developer juga tidak baik dipilih.
  • Support browser pada komputer maupun smartphone. Kompatibilitas dengan semua browser juga penting di cek.
  • Kecepatan loading tema. Pada dasarnya pengunjung website menginginkan informasi yang cepat. Rasanya percuma saja ketika tampilan tema sebuah website sangat menarik namun ketika diakses loadingnya lama.

Cara mengganti tema website adalah sebagai berikut

  1. Login ke website.

2. Klik fitur appearance >> themes.

setting-tema

3. Klik add new.

add-themes

4. Pada bagian add themes ini ada beberapa klasifikasi tema yaitu : featured, latest, popular, dan favorites. Anda juga bisa menggunakan tema anda sendiri dan menguploadnya pada bagian “Upload Theme”.

5. Pilih tema yang anda inginkan kemudian klik Detail and Preview untuk melihat tema dan fitur-fiturnya. Setelah itu klik

Catatan : Jika saat klik Install muncul permintaan akun FTP silahkan menghubungi administrator.

select-theme-wordpress

6. Selesai tema diinstall pilih Activate untu mengaktifkan tema.

7. Website anda sudah dengan tema yang baru.

8. Untuk mengatur tema klik fitur appearance >> customize. Akan ada banyak fitur-fitur pengaturan tema seperti Layout Options, Site Identity, Header Image, Widget, Atur sesuai kebutuhan website.

B. MENGINSTALL PLUGIN

Selain tema, plugin adalah fitur yang cukup penting untuk membuat website menarik. Pengaturan plugin ada pada menu Plugin. Plugin gratis yang disarankan untuk diinstall adalah :

  1. Akismet adalah plugin gratis wordpress yang fungsinya untuk memfilter komentar. Plugin Akismet akan otomatis membedakan komentar yang layak ditampilkan atau tidak. Jika komentar terindikasi spam, maka akismet akan otomatis menghapusnya.
  2. WordPress SEO : Yoast SEO atau All In One SEO Pack. Plugin SEO ini berfungsi agar isi website dapat terindeks secara maksimal pada mesin pencari seperti google.

Dalam memilih plugin gratis, lihat seberapa banyak plugin tersebut sudah digunakan oleh user dan kapan plugin tersebut terakhir diupdate untuk menentukan layak atau tidak plugin tersbut di install.

Langkah berikut kita akan menambahkan plugin-plugin yang dibutuhkan. Namun, kita tidak perlu menginstal semua plugins yang memiliki fungsi yang sama. Cara untuk menginstall plugin adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu plugins. Pada menu tersebut terdapat 3 sub menu yaitu :
    1. Installed plugin adalah daftar plugin yang sudah kita install. Dari daftar tersebut plugin dapat kita hapus, edit, activate mapun deactivate.
    2. Add new adalah untuk menambahkan plugin.
    3. Editor adalah bagian untuk mengedit script-script plugin yang sudah terinstall.
  2. Pilih add new untuk menambahkan plugin baru. Cari plugin yang Anda butuhkan. Kemudian klik Install Now. Anda juga bisa menambahkan plugin dari hard drive PC/Laptop dengan cara klik upload plugin.

add-plugins-wordpress



Lorem Ipsum


Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever sin ce the 1500s, when an make a type but also the Selanjutnya.


Pages
Kategori

Lorem Ipsum